Beranda Momentum HPS ke 41, Wabup Rohul Apresiasikan Petani Jaga Ketahanan Pangan

Momentum HPS ke 41, Wabup Rohul Apresiasikan Petani Jaga Ketahanan Pangan

PASIRPANGARAIAN, TELESKOPNEWS – Momentum peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 41 tahun 2021, Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), Indra Gunawan mengapresiasikan serta berterimakasih kepada seluruh petani yang berperan dalam menjaga ketahanan pangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal itu disampaikan Indra usai mengikuti kegiatan virtual HPS tingkat nasional secara serentak yang dipusatkan di Provinsi Jawa Barat dan dibuka oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

Untuk di Rohul sendiri, Pemkab Rohul melaksanakan HPS di hamparan Wisata Sawah Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Senin (25/10/2021)

Dikatakan Indra, peringatan HPS juga merupakan salah satu ungkapan rasa syukur kepada Illahi.

“Atas rahmat Allah, bumi Rohul diberikan kesuburan dan kekayaan yang menghasilkan sumber pangan yang beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,”ungkap dia disertai tepuk tangan hadirin.

Selaku pemerintah, dirinya juga tak lupa terus mendorong supaya petani lebih semangat untuk memajukan pertanian di bidang persawahan di Rohul.

“Demi terwujudnya pembangunan ketahanan pangan di Kabupaten Rohul yang lebih baik kedepannya,”ucapnya.

Dari pemaparannya, petani Rohul telah berkontribusi memenuhi kebutuhan pangan terutama di sektor persawahan dengan luas mencapai 1.757,5 hektar dengan luas tanam periode Oktober 2021 1.669,25 hektar.

Sementara luas panen sampai dengan Oktober 2021 mencapai 2.920,75 hektar setara dengan 16.421,59 ton gabah kering produksi dengan produktivitas 56,22 kw/ha.

“Ke depannya untuk mengoptimalkan lahan dan hasil persawahan, kita (Pemkab Rohul) selalu mensupport kepentingan petani, seperti bantuan bibit unggul, peralatan pertanian, pupuk, sarana dan prasarana akan kita bantu,” katanya berjanji.

“Selain itu, peringatan HPS juga dijadikan bahan evaluasi dan inovasi sektor pertanian, khususnya sarana prasaran dan kesejahteraan para petani,”ujarnya.

Hal serupa dikatakan Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul, Admiral SP.

Demi mendukung ketahanan pangan yang dilakukan petani, Admiral juga telah menyalurkan bantuan bibit padi jenis Infari Zinc, Pemkab Rohul di tahun 2021 juga mengalokasi padi jenis Inbrida dengan luas lahan 1.065 hektar dengan jumlah benih yang dibantu 25 kg/hektar.

“Sementara padi jenis Infari Zinc seluas 245 hektar. Rokan IV Koto dapat 90.25 ha, Rambah Hilir 154,75 ha (sudah panen 105,25 ha dengan produksi 547,55 ton,” terang Admiral merincikan.

Untuk mengoptimalkan hasil panen petani, Admiral mengaku akan mengusulkan alat pasca panen dalam upaya mewujudkan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura di Rohul seperti, UV Driyer (pengering padi), RMU (pengering padi), packing geeding (alat pengemasan), husker polisher (pemutih beras) dan paddy repair (alat panen padi).

“Kita dari Pemkab Rohul juga akan kita fasilitasi dengan penyuluhan untuk petani kita, kalau sarana dan prasarananya kita usulkan bantuan dari APBN dan APBD Provinsi Riau,” pungkasnya.

 

Laporan : Fitri