Beranda Riau Rohul Bupati Sukiman Buka secara langsung Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

Bupati Sukiman Buka secara langsung Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

21
BERBAGI

Rokan hulu – Guna menyusun Rencana Kerja Daerah (RKPD), Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Kegiatan Musrenbang dilaksanakan di Hall Masjid Islamic Centre (MIC) Kabupaten Rokan Hulu, Senin (11/10).

Dalam agenda Musrenbang yang dilaksanakan selama sehari itu, dibuka langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman dan turut dihadiri oleh Perwakilan Badan Perencaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pembangunan (Bappedalitbang) Provinsi Riau, Feradis, Wakil Bupati Rohul, H Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST, Pabung Rohul, Kapten Inf Asril Samik.

Dalam kata sambutan Bupati, H Sukiman mengatakan bahwa perencaan pembangunan daerah merupakan suatu proses yang dilakukan guna menentukan arah kebijakan daerah di masa mendatang.

“Tentunya dengan melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang dimiliki oleh daerah pada jangka waktu tertentu,” Kata Bupati.

Diakui Bupati, perencanaan pembangunan daerah bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, Kesempatan kerja, lapangan usaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah.

“Oleh karena itu, dibutuhkan proses perencaan pembangunan daerah melalui pendekatan teknoratik, partisipatif, politis dan top downbottom up melalui pendekatan yang holistik, tematik, integratif dan spasial,”Tambahnya.

Sebagai kesatuan sistem perencanaan pembangunan nasional lanjut Bupati Sukiman, ia berharap agar seluruh element masyarakat Rokan Hulu saling menyatukan tekad dan langkah dalam mewujudkan visi kabupaten Rokan Hulu yakni Mewujudkan Kabupaten Rokan Hulu yang lebih maju dan berdaya saing dalam keragaman adat dan budaya berdasarkan nilai agama menuju masyarakat sejahtera.

“Dengan mewujudkan misi, mewujudkan kualitas sumber daya Manusia yang cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, mewujudkan pembangunan dan pengembangan Ekonomi produktif, kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi serta pariwisata daerah,” Jelasnya.

Juga mewujudkan ketersedian infrastruktur yang berimbang dengan membangun Daerah atau menata kota secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis aman dan tentram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda.

“Serta mewujudkan TATA kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan,” Tambah Bupati.

Lanjut Bupati, dalam pelaksanaan visi dan misi ini, tentu tidaklah mudah dan tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja, melainkan juga diperlukan sinergitas, kolaborasi, diskusi serta proses panjang yang harus dilalui bersama.

Mengingat RPJMD bersifat makro dan bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan bersama, Bupati berharap agar seluruh element masyarakat yang hadir dapat memberikan masukan-masukan positif dalam penyelenggaraan musrenbang RPJMD tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Rohul, Muhammad Zaki S. STP M.Si mengatakan maksud dilaksanakannya Musrenbang RPJMD yakni sebagai forum antar pemangku kepentingan (stakeholder) Pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu dalam rangka memberi pemikiran, saran, pendapat dan masukan untuk menentukan program prioritad Kabupaten Rokan Hulu dalam lima tahun kedepan.

“Sedangkan tujuannya sendiri untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan, terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD,” sebutnya.(fit)