Beranda Religi Polsek Dumai Kota Selenggarakan Pelatihan Pemandian Jenazah (Fardhu Kifayah) kepada Masyarakat

Polsek Dumai Kota Selenggarakan Pelatihan Pemandian Jenazah (Fardhu Kifayah) kepada Masyarakat

97
BERBAGI
Tampak Kapolsek Dumai Kota, Iptu Hardiyanto bersama Camat Dumai Kota, Agus Gunawan, Ust Abrar Jalil melakukan foto bersama

DUMAI – Polsek Dumai Kota menyelenggarakan program pelatihan jenazah (fardhu kifayah) bagi warga se Kecamatan Dumai Kota.

Digelar di musalla An Nashirun, Jalan Wan Dahlan Ibrahim, Gang Bahagia, RT 16, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Kota yang diikuti oleh 35 peserta

Kegiatan berlangsung pada Kamis, 28 November 2019 lalu sekiranya pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Kapolsek Dumai Kota, Iptu Hardiyanto mengatakan pelatihan ini merupakan gagasan pihaknya bersama dai kantibmas yang bergerak dalam bidang sosial, pelatihan dan pelayanan pengurusan jenazah secara berkelanjutan di setiap kelurahan se Dumai Kota.

Disampaikannya, dasar penyelenggaraan mendikan jenazah ini mengacu pada Surat Ali Imran ayat 185 dan Surat Ali Imran ayat 102.

Sementara pemateri yang dihadirkan Polsek Dumai Kota dengan empat perkara yang harus dijadikan kewajiban kepada seluruh mukallaf (pelaku syar’i) dalam penyelenggaraan jenazah di antaranya memandikan, mengkafani, mensalatkan dan menguburkan.

Menurut dia hikmah yang bisa diperoleh, yaitu pahala besar, menunjukkan solidaritas yang tinggi. Kemudian membantu meringankan beban keluarga jenazah sabagai ungkapan belasungkawa atas musibah yang dideritanya.

“Lalu mengingatkan dan menyadarkan manusia bahwa setiap manusia akan mati dan masing-masing supaya mempersiapkan bekal untuk hidup setelah mati,”sebut dia.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, semoga dapat memberikan manfaat kepada para peserta termasuk pihak yang hadir kala itu. “Kita juga meminta agar serius mengikutinya,”pesan dia menegaskan.

“Terakhir sebagai bukti bahwa manusia adalah makhluk yang paling mulia, sehingga apabila salah seorang manusia meninggal dihormati dan diurus dengan sebaik-baiknya menurut aturan Allah SWT,”tukasnya.

Pewarta : Faisal Arif