Beranda Sosial Safari Kamtibmas, Warga Laksamana Minta Polisi Berantas Tindak Penyalah Guna Narkoba

Safari Kamtibmas, Warga Laksamana Minta Polisi Berantas Tindak Penyalah Guna Narkoba

49
BERBAGI
Foto bersama Kapolsek Dumai Kota, Iptu Hardiyanto bersama istri, Watty Hardiyanto, tokoh agama dan masyarakat Kelurahan Laksamana beserta sebagian jajaran Polsek Dumai Kota


SOROTLENSA, DUMAI – Sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama berharap agar Polri di bawah naungan Polisi Sektor Dumai Kota bisa mencegah dan menanggulangi tindak kejahatan yang terjadi di wilayah setempat.

Sebagaimana disampaikan salah seorang tokoh agama (toga), Ustad Yuslim Yanis di sela kegiatan Safari Kamtibmas yang digagas oleh Polsek Dumai Kota belum lama ini di kediamannya Jalan Rajawali, RT 03, Kelurahan Laksmana, Kecamatan Dumai Kota.

Dikatakan ust Yuslim, hal ini cukup erat kaitannya dengan kondisi yang dirasakan masyarakat Kampung Wisata Bahari,  terutama penyakit masyarakat berupa tindak kejahatan yang acap kali terjadi.

Belum lagi kegiatan peredaran dan penyalah gunaan narkoba menjadi hal yang cukup lumrah di daerah itu, sehingga ia meminta kepada pihak kepolisian agar secepatnya memberantas kegiatan haram tersebut.

“Jadi dengan adanya kegiatan ini, kami bisa berkomunikasi langsung dengan pihak kepolisian terkait permasalahan di daerah kami ini,”sebut dia tersenyum.

“Sehingga terciptanya suasana yang lebih aman dan kondusif terutama saat melaksanakan ibadah khususnya di lingkungan warga Laksamana,”kata dia lagi.

Ia tak menampik jika permasalahan kamtibmas ini tak lepas dari peran serta warga yang selalu mengedepankan musyawarah dengan tokoh agama dan masyarakat termasuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Saat ini tingkat kriminalitas di lingkungan kami (Laksamana) mengalami penurunan, apalagi sejak warga sering berkoordinasi dengan pihak polisi, keamanan semakin terjaga dan meningkat, termasuk tindakan penyalah gunaan dan peredaran narkoba,”paparnya.

“Untuk itu kami mengucapkan terimakasih terhadap pihak kepolisian Dumai Kota yang bersedia hadir ke kampung kami supaya lebih aman dan nyaman ke depannya,”tuturnya singkat.

Senada disampaikan Juhariyanto selaku tokoh masyarakat (tomas) setempat. Saat ini, permasalahan pemberantasan dan penanggulangan peredaran narkoba masih menjadi perhatian utama bagi para tokoh di Kelurahan Laksamana.

Sebagai masyarakat, pihaknya berharap banyak terhadap kamtibmas untuk ekstra lebih dalam  pemberantasan narkoba itu.

“Termasuk dengan mengaktifkan kembali poskamling, guna meningkatkan pengawasan dan pencegahan terjadinya aksi kejahatan,”ujarnya.

“Dan kegiatan pemuda saat ini lebih diarahkan ke kegiatan olahraga, guna mencegah terkontaminasi terhadap penyalahgunaan narkoba,”tukasnya.

Mendengar perihal ini, Kepala Polsek Dumai Kota, Iptu Hardiyanto cukup merespon dengan baik. Pasalnya safari kamtibmas yang digagasnya ini demi mendengar keluhan masyarakat Dumai Kota yang dilaksanakan setiap minggunya dengan total 15 kepala keluarga (KK).

Dalam satu bulan pelaksanaannya di lima kelurahan dengan sasaran tujuannya adalah orang – orang berpengaruh seperti tokoh masyarakat dan agama setempat. Selain meningkatkan silaturahmi juga pihaknya  berbagi sedekah terhadap warga masyarakat yang tidak mampu.

Di sela kunjungannya, ia menyampaikan jika pemberantasan narkoba, tidak semudah yang dibayangkan bersama, namun apa yang sudah dilakukan warga setempat cukup baik terutama kepada pemuda setempat.

Menurutnya dengan cara menggunakan pola – pola yang membuat pelaku penyalahgunaan narkoba tersebut tidak ada lagi di lingkungan wilayah setempat.

“Namun disebalik itu, kita juga berharap kepada warga, tindak hanya penyalah gunaan narkoba yang perlu ditindak,  melainkan kenakalan remaja, termasuk penyebaran berita hoax terkait isu sara dan ujaran kebencian,”ucap pria yang kala itu didampingi Ketua Ranting Kelurahan Bhayangkari, Watty Hardiyanto.

“Serta mengajak masyarakat lainnya untuk berpartisipasi menyukseskan pemilu 2019 dengan menciptakan rasa aman, damai dan sejuk,”ucapnya.

“Nah harapan kita agar kegiatan ini dapat berjalan terus, tujuannya supaya dapat menampung aspirasi dari masyarakat khususnya di daerah yang menjadi naungan dan pengawasan kita,”tutupnya.

Perwarta : Arif