Safari Ramadhan, Bupati Dan Wakil Kunjungi Mesjid Dan Mushola Di Wilayah

Teleskopnews.com, Rokan Hilir – Bulan Ramadhan 1444 H atau bertepatan pada tahun 2023, Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman kunjungi Masjid dan Musholla di daerah.

Dalam beberapa kegiatan kunjungan tersebut, salah satunya ialah kunjungan ke Mushalla Al Ikhlas Kecamatan Rimba Melintang, Selasa (4/4/2023).

Safari Bupati Rohil dan rombongan, dimulai dengan menggelar sholat Isya berjamaah sekaligus melaksanakan sholat tarawih bersama masyarakat di Kelurahan Rimba Melintang dan diisi juga dengan kegiatan ceramah agama oleh ustadz Taubatan Nasuha.

Pada kesempatan itu seperti biasanya saat melakukan safari ramadhan, bupati Rohil kembali lagi menyalurkan sejumlah bantuan untuk pembangunan masjid dan santunan kepada kaum duafa.

Diantaranya, hibah untuk Mushalla Al Ikhlas, hibah operasional MDA yayasan Al Mujahirin, Hibah Yayasan Nurul Insan, hibah yayasan Ponpes Al Qur’aniyah, bantuan lima group rebana serta bantuan untuk Fardu Kifayah dan fisabilillah sebanyak 37 orang.

Sukirman Camat Rimba Melintang dalam sambutannya mengatakan, meskipun Mushalla tempat beribadah kali ini tampak kecil, tapi hati para jamaah dan Bupati Rohil serta wakil Bupati Rohil tetap lapang untuk dapat hadir bersama-sama melaksanakan sholat Isya berjamaah sekaligus tarawih.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami masyarakat Rimba Melintang, ditengah kesibukan menjalankan tugasnya Bupati dan Wakil Bupati Rohil menyempatkan diri untuk berjamaah bersama kita. Semoga pak Bupati dan Wakil nya diberikan umur panjang dan kesehatan untuk melanjutkan pembangunan Rohil yang lebih baik lagi kedepannya,” paparnya.

Sementara itu Bupati Rohil dalam arahannya mengatakan melakukan kegiatan safari Ramadhan sengaja memilih Mushalla atau Masjid yang kecil yang saat ini ada belum dapat sentuhan bantuan dana dari pemerintah. Salah satunya, dipilih lah Mushalla Al Ikhlas ini untuk tempat safari Ramadhan.

“Kami memimpin Rohil ini belum genap dua tahun, tentunya masih banyak kekurangan dan ada tempat yang masih kurang sentuhan pembangunan dari pemerintah. Oleh sebab itu kami tetap selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” jelas Afrizal Sintong.

Afrizal Sintong menambahkan, kegiatan Safari Ramadhan ini akan terus dilanjutkan keberbagai kecamatan di Rohil. Dirinya mengupayakan daerah-daerah yang belum pernah dikunjungi akan menjadi prioritas melaksanakan kegiatan safari Ramadhan.

“Ini kita lakukan Safari yang dekat-dekat dulu, untuk kecamatan lain baik itu sampai simpang kanan maupun pujud dan Kubu juga kita upayakan telah mengatur waktunya supaya bisa mengunjungi semua kecamatan,” paparnya.

Bupati berharap, dengan kegiatan safari seperti ini dapat menjalin silaturahmi dengan berbagai masyarakat Rohil serta mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus menyerap aspirasi langsung masyarakat.

“Dari beberapa kali safari ramadhan yang kami lakukan, banyak sekali aspirasi yang disampaikan masyarakat langsung. Jadi dengan kegiatan seperti ini kami lebih dapat menerima langsung apa saja yang diusulkan masyarakat dari bawah,” tandasnya.

Sementara itu, sebelumnya Wakil Bupati (wabup) Rohil, H Sulaiman pada Kamis (30/3/2023) malam mendampingi Safari Ramadhan Gubernur Riau Drs H Syamsuar di Masjid Raya Al Ikhsan Bagansiapiapi.

Safari ramadhan Gubernur Riau H Syamsuar dan rombongan di di Masjid raya Al-ikhsan tersebut dihadiri para Kepala OPD di lingkungan pemkab Rohil dan berbagai unsur lainnya serta masyarakat Bagansiapiapi.

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau yang telah hadir di Rohil dalam agenda safari ramadhan 1444 H tahun 2023.

“Tentunya banyak arahan yang disampaikan bapak gubernur terutama di bidang pendidikan dan kemiskinan yang ada di Rohil,” katanya.

Kedepan sebut Wabup, Pemkab Rohil tentunya akan fokus untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada tersebut.

Wabup Dampingi Safari Ramadhan Gubernur Riau di Bagansiapiapi


Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan bahwa di laksanakan nya safari ramadhan di masjid raya Al ikhsan tersebut dikarenakan mesjid itu merupakan yang tertua di bangun di Bagansiapiapi yang tentunya perlu dimakmurkan.

Gubernur juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Rohil serta seluruh masyarakat yang telah memberikan sambutan hangat sehingga kegiatan safari Ramadhan dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah saat ini saya dapat menjalankan safari Ramadhan di kabupaten Rohil yang merupakan tempat masa kecil dan dapat bertemu dengan beberapa orang yang merupakan teman semasa kecil dulu,” kata Gubri.

Sebelum melaksanakan safari ramadhan di ibu kota Bagansiapiapi lanjut Gubri, sebelumnya ia juga telah melaksanakan safari ramadhan di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) dan menyerahkan berbagai bantuan.

Dalam arahannya, Gubernur juga mengingatkan kepada para orang tua bahwa saat ini kita berada di era digitalisasi ataupun era modren yang jauh berbeda dengan Era di jaman dulu yang seluruhnya serba manual.

“Hal yang terpenting untuk saat ini adalah kualitas dan keterampilan, karena kita ketahui bersama untuk saat ini sangat berbeda dengan saat dulu, untuk itu para orang tua harus dapat mendidik anaknya agar dapat menjadi kebanggaan nantinya,” terangnya.

Gubri menyebutkan bahwa banyak warga Kabupaten Rohil yang sudah sukses karena memang memiliki kualitas dan keterampilan yang baik. Untuk itu Gubri mengingatkan agar menggunakan segala fasilitas yang ada dengan baik demi meningkatkan kualitas dan keterampilan.

“Bagi para orang tua sekalian, upayakan agar anak-anak kita tetap bersekolah, agar nantinya anak-anak kita dapat memberi kebanggaan bagi kita dan juga bagi daerah kita,” katanya.

Sementara dasar untuk mencapai kualitas dan keterampilan yang baik itu tambah Gubri, adalah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Mari kita berikan pendidikan umum dan pendidikan agama kepada anak anak kita, agar anak anak kita kelak memiliki kualitas, keterampilan dan keimanan yang baik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Riau juga menyerahkan bantuan Seribu Paket Santunan Idul Fitri (SPSI) dengan total senilai Rp 500 juta, bantuan program kemitraan Bank Riau Kepri Syariah untuk Masjid dan Musholla serta beberapa bantuan lainnya.

Resmikan Pasar Takjil

Bulan yang Suci ini tak luput dari kegiatan ekonomi yang hanya beraktivitas satu kali dalam setahun ini, yakni Pasar Ramadhan.

Untuk menjaga roda perekonomian masyarakat, khususnya pra Lebaran, Pemerintah Kabupaten Rohil melalui Sekretaris Daerah meresmikan pasar Ramadhan.

Pasar tersebut digelar oleh pemerintah di sepanjang koridor jalan Mawar dari simpang Jalan Merdeka hingga ke Jalan Sumatera.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekda Rohil H Fauzi Efrizal didampingi Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mursal, Kasatpol PP Syafnurizal, Kapolsek Bangko Kompol Dedi Susanto, Camat Bangko Aspri Mulya serta berbagai unsur lainnya.

Pasar takjil ini merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi Ramadan di kota Bagansiapiapi dimana selama ini penjual takjil banyak bertebaran di pinggir-pinggir jalan dengan menjual aneka menu makanan khas untuk berbuka puasa.

Kadis Perindag Rohil dalam sambutanya menyebutkan bahwa pasar Ramadhan merupakan pasar tahunan yang dibuka sempena Bulan Suci Ramadhan.

”Pasar ini khusus untuk pedagang yang menjual takjil untuk berbuka puasa, pedagang yang berjualan disini kita akomodir, ” sebut Nursal.

Sementara itu, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal mengatakan bahwa, pasar ramadhan ini di buka untuk membantu masyarakat berbelanja makanan maupun takjil untuk berbuka puasa.

“Karena apa yang di jual di pasar ramadhan ini kadang-kadang tidak ada dijual pada hari biasanya, produk ciri khas makanan Bagansiapiapi kini muncul di bulan puasa yang di sediakan di pasar ramadhan ini,” katanya.

Sekda menghimbau serta meminta kepada masyarakat harus ada inovasi terbaru terutama dalam memasarkan produk UMKM itu sendiri.

“Di kota bagan ini tidak hanya masyarakat Melayu yang berbelanja melainkan juga warga tiong hoa untuk menikmati masakan khas Bagansiapiapi,” paparnya.

Dirinya juga mengharapkan kepada penjual untuk menjaga kualitas dan mutu masakan yang di jual, sehingga masyarakat lebih enak dan nyaman untuk berbelanja.

Usai membuka secara resmi, Sekda bersama rombongan meninjau secara langsung berbagai macam makanan yang dijual masyarakat di pasar ramadhan tersebut. (advertorial Rohil)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *