Beranda Politik Beben : Demokrat Targetkan Setiap Wakil dari Dapil Duduk di DPRD Dumai

Beben : Demokrat Targetkan Setiap Wakil dari Dapil Duduk di DPRD Dumai

50
BERBAGI
Ketua Divisi Advokasi DPC PD Kota Dumai, Benny Akbar SH

SOROTLENSA, DUMAI – Menjelang pesta demokrasi 2019 mendatang, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kota Dumai telah membuka pendaftaran bagi bakal calon legislatif (caleg).

Didapati total yang mendaftar sebanyak 30 orang dari berbagai kalangan. Hal ini berdasarkan penetapan dari partai yang berlambang bintang bersinar tiga arah tersebut.

Ke 30 bakal caleg itu terpilih karena telah mengikuti uji saring secara internal, tidak hanya kompetensi pribadi, melainkan track record (rekam jejak) bakal caleg yang bersangkutan.

Berdasarkan dari pantauan Sorotlensa.com, untuk peserta kali ini didominasi wajah baru dan politisi muda, namun petarung lama pun tak patah arang pada keikutsertaan nya dalam memperebutkan kursi dewan nanti.

Sebagai contoh Agus Purwanto yang sebelumnya pernah menjadi wakil rakyat di periode 2009-2014 dari partai besar lainnya yaitu Partai Golongan Karya (Golkar), lainnya si calon petahana Yukratul Ahyuni yang kini masih menjabat anggota DPRD Dumai 2014-2019 dan beberapa calon lainnya.

Ketua DPC PD Kota Dumai, Eko Suhardjo SE melalui Ketua Divisi Advokasi DPC PD Kota Dumai, Benny Akbar SH kepada media ini di sela-sela kegiatannya, baru-baru ini mengaku untuk puluhan bakal caleg ini telah ditetapkan, dengan ketentuan 30 persen nya adalah wanita yang harus memenuhi setiap daerah pemilihannya (dapil).

Adapun dapil yang dimaksud dengan rincian sebagai berikut, di antaranya dapil 1 meliputi Kecamatan Dumai Kota sebanyak lima bakal caleg, dapil 2 Kecamatan Dumai Timur dan Medang Kampai, delapan orang dapil 3 Kecamatan Bukit Kapur dan Sungai Sembilan juga delapan.

“Terakhir dari dapil 4 yakni Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Selatan paling banyak yakni sembilan orang,”ungkap Beben sapaan akrabnya sehari-hari panjang lebar.

Dikatakan lagi pria yang berprofesi sebagai salah satu pengacara di kota industri ini menjelaskan untuk selanjutnya, bakal caleg tersebut akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun harus melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan KPU terlebih dahulu.

Persyaratan tersebut meliputi fotokopy kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintahan, surat keterangan bebas narkoba (SKBN), fotocopy kartu tanda anggota (KTA), surat tanda bukti terdaftar pada pemilih di KPU, softfile pas poto, surat keterangan Pengadilan Negri dan Wilayah Hukum tempat tinggal calon, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat penetapan pengadilan apabila tidak sesuai dengan KTP, fotocopy ijazah terakhir minimal lulusan SMA sederajat yang sudah dilegalisir.

“Pendaftaran ke KPU sendiri dimulai tanggal 4 sampai 20 Juli nanti. Dan kita rencananya kalau tidak hari Senin atau Selasa depan,”jelasnya.

Para calon juga mengikuti sejumlah tes, yaitu tes kesehatan, kejiwaan (psikotes) dan narkoba. “Kita laksanakan seminggu lalu,”sebutnya.

“Dan saat ini sudah dalam posisi penyempurnaan karena akan dikirim ke database KPU dengan sistem online,”ujar pria terkenal ramah kepada siapa saja itu.

Sedangkan untuk target, Demokrat tidak muluk-muluk. “Kita targetkan dapat mendudukan wakil dari semua dapil, jadi total nya empat dapil,”tutupnya

Penulis : tim