Beranda Riau Dumai Kelompok Kerja Guru SD Dumai Gelar Edukasi Manggrove

Kelompok Kerja Guru SD Dumai Gelar Edukasi Manggrove

126
BERBAGI
Kelompok Kerja Guru (KKG) 2 Dumai Selatan dan 3 Dumai Barat saat akan melaksanakan penanaman pohon manggrove bersama peserta di kawasan Bandar Bakau Kota Dumai.

Teleskopnews.com, DUMAI – Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2021, Kelompok Kerja Guru (KKG) 2 Dumai Selatan dan KKG 3 Dumai Barat melaksanakan Edukasi Wisata Manggrove di Bandar Bakau Kota Dumai.

Dikatakan ketua KKG 2 Dumai Selatan, Diana Wahyuni S.Pd M.MPd, pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut untuk mengenalkan anak-anak tingkat Sekolah Dasar terkait alam.

“Pembelajaran bukan hanya didalam kelas, dialam anak-anak bisa belajar secara langsung terkait ekosistem, dan bisa melihat langsung hutan manggrove kususnya di Bandar Bakau,” kata Diana Wahyuni, Minggu (20/6/2021).

Tenaga pendidik yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Kota Dumai

Dijelaskannya juga, kegiatan yang hanya melibatkan peserta terbatas tersebut juga melaksanakan lomba menggambar dan juga mendengarkan dongeng.

“Kita tetap menerapkan protokol kesehatan dalam acara ini, sehingga peserta terbatas, yakni melibatkan sekitar 30 siswa SD,” katanya.

Ketua KKG 3 Dumai Barat, Andi Hirawan SPd SD, menyebutkan acara tersebut melibatkan langsung pakar hutan Manggrove, yakni Darwis Moh Saleh sebagai pemateri untuk peserta.

“Dengan adanya pemateri dibidangnya, anak-anak bisa mengetahui lebih dalam jenis-jenis pohon Manggrove, sehingga dapat mencintai lingkungan,” kata Andi.

Disebutkan Andi, KKG sendiri banyak program kegiatan yang akan dilaksanakan, namun akibat pandemi, kegiatan yang dilaksanakan terbatas.

“Kedepan acara ini akan kita jadikan agenda tahunan oleh KKG,” kata Andi mengakhiri.

Ketua Pecinta Alam Bahari (PAB) sekaligus pengelola Bandar Bakau, Darwis Moh Saleh, menerangkan kepada peserta bahwa di kawasan tersebut terdapat 21 jenis Manggrove dimana didunai terdapat sekitar 101 jenis pohon manggrove.

“Manggrove sendiri mempunyai arti tanaman atau pohon yang tumbuh dikawasan pesisir yang bisa bertahan akibat pasang surutnya air laut, kita berharap generasi kedepan dapat menemukan jenis-jenis pohon manggrove lainnya,” kata Darwis Moh Saleh.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai, Dameria yang hadir dalam pelaksanaan tersebut juga mengapresiasi kegiatan edukasi tersebut.

“Acara edukasi KKG Dumai Barat dan Dumai Selatan ini sangat bagus dari pada anak-anak main handphone dirumah, yang penting anak-anak kita tetap melaksanakan protokol kesehatan,” kata Dameria.