Miftachul Akhyar Terpilih Manjadi Rais Aam PBNU

Miftachul Akhyar Terpilih Manjadi Rais Aam PBNU
Miftachul Akhyar Terpilih Manjadi Rais Aam PBNU

Teleskopnews.com, Lampung – Miftachul Akhyar resmi dipilih menjadi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026.

Keputusan tersebut diambil oleh sembilan ahlul halli wal ‘aqdi (ahwa) dalam Muktamar NU yang digelar di Lampung pada Kamis malam, 23 Desember 2021.

“Kami semua sependapat, tidak ada perbedaan pendapat. Kami sepakat dengan musyawarah untuk jadi Rais Aam Al Mukaram KH Miftachul Akhyar,” ujar salah satu anggota ahwa, Zainal Abidin, saat membacakan hasil ahwa.

Seperti yang dilansir Tempo.co, Miftachul merupakan Rais Aam PBNU inkumben. Namun ia bukan terpilih langsung di Muktamar ke-33 NU di Jombang pada 2015.

Ia naik menjadi Rais Aam setelah Rais Aam terpilih, yakni Ma’ruf Amin mundur dari jabatannya karena terpilih menjadi Wakil Presiden RI.

Zainal mengatakan rapat ahwa dipimpin Ma’ruf Amin,¬† Meski Ma’ruf sempat menolak, namun seluruh anggota ahwa lain bersikukuh meminta Ma’ruf memimpin musyawarah tertutup tersebut.

Zainal menuturkan ada salah satu anggota ahwa berpendapat agar yang terpilih tidak rangkap jabatan di organisasi yang lain.

Hal itu kemudian disetujui oleh semua anggota ahwa, Rais Aam PBNU diminta fokus pada pengembangan dan pembinaan Nahdlatul Ulama ke depan.

“Kami berdialog dengan rais aam terpilih, dia bilang sami na waato na (ikut dan patuh),” kata Zainal.

Hal kedua yang diminta dari anggota ahwa ialah agar Rais Aam PBNU terpilih untuk menerima semua bakal calon Ketua Tanfidziah alias Ketua Umum PBNU. Apalagi jika nanti ada lebih dari satu calon yang memenuhi syarat.

“Beliau kembali berkata samina waato na,” kata Zainal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.