Dumai  

Percepat Herd Immunity, Koramil Sungai Sembilan Gelar Vaksinasi Massal

Teleskopnews.com, DUMAI – Guna mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19, Komando Distrik Militer (Kodim) 0320/Dumai melalui Komando Rayon Militer (Koramil) PWK-03/Sungai Sembilan bersama Pemko Dumai menggelar vaksinasi massal.

Tak hanya di tengah perkotaan saja melainkan di sudut wilayah Kota Dumai, tepatnya dilaksanakan di panti asuhan Al Berkah Jalan Gatot Subroto, Gang Al Berkah, Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan dalam rangka meningkatkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Vaksinasi diyakini bisa melemahkan Virus Corona hingga 80 persen meskipun dibarengi dengan tindakan tertib protokol kesehatan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk menekan angka penambahan kasus yang positif.

Untuk kali ini kegiatan vaksinasi baik itu tahap pertama maupun tahap kedua selain ditujukan kepada anak-anak panti asuhan turut pula masyarakat setempat.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0320/Dumai, Letkol (Inf) Irdhan melalui Perwira Seksi (Pasi) Intel Kodim 0320/Dumai, Kapten (Inf) Hendra kepada teleskopnews.com di sela vaksin.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) PWK-03/Sungai Sembilan ini jika dosis vaksinasi yang disediakan sebanyak 80 vial (botol).

“Sedangkan vaksin yang kita sediakan berjenis Sinovac dengan melibatkan tenaga vaksinator dari Kodim 0320/Dumai. Kita juga menyiapkan dokter dari Puskesmas Sungai Sembilan,”ungkap Hendra kepada teleskopnews menerangkan.

Menurut dia, vaksinasi ini akan terus digeber hingga Kota Dumai mencapai herd immunity. Untuk mencapainya, Kota Dumai menargetkan kegiatan suntik vaksinasi bagi masyarakat hingga akhir tahun mencapai 80 persen.

Tak dipungkiri hingga Jumat, 17 Desember 2021, berdasarkan data yang dilansir Satgas Covid-19 Kota Dumai, masyarakat yang sudah divaksin pada tahap pertama sudah mencapai 74 persen sedangkan untuk tahap dua hampir mencapai 60 persen.

Tentunya dengan kerjasama baik dari semua pihak tim gabungan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Dumai mulai dari TNI, Polri dan Pemko Dumai.

Itu semua tak lepas dari instruksi Presiden RI Joko Widodo, agar seluruh masyarakat di daerah kabupaten kota seluruh Indonesia dapat menciptakan kekebalan komunal minimal 70 persen masyarakatnya sudah divaksin.

“Alhamdulillah masyarakat yang datang cukup antusias mengikuti vaksinasi. Semoga melalui kegiatan ini target vaksinasi menuju herd immunity segera tercapai dan tidak ada lagi masyarakat Dumai yang terpapar Covid-19,”harapnya singkat.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.