Dumai  

Praktek Kerja Profesi Peserta Didik Pokjar IV Sespimmen Polri Dikreg ke-62 TA 2022

Teleskopnews.com — Senin (12/9/2022) bertempat di Gedung Citra Waspada, Polres Dumai adakan Ujian dan paparan Policy Brief (Kebijakan Singkat) bagi Peserta Didik Praktek Kerja Profesi (PKP) Pokjar IV Sekolah Staff dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke-62 TA 2022.

Penunjukan Gedung Citra Waspada Polres Dumai sebagai tempat ujian, berdasarkan Surat Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Polri, nomor B/1016/VIII/DIK.2.2/2022/Sespim, tanggal 31 Agustus 2022.

Kegiatan ini mengangkat tema “Mewujudkan Pimpinan Tingkat Menengah Polri, Kementrian dan Lembaga Prediktif, Responsibilities, Transparan dan Berkeadilan (Presisi), Untuk Indonesia Maju”, dan judul “Optimalisasi Penanganan Konflik Pertanahan, Guna Memelihara Stabilitas Keamanan di Wilkum Polres Dumai, Dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Daerah”, mengundang berbagai pihak, sebagai penguji.

Pihak yang di undang sebagai penguji di antaranya Walikota Dumai H Paisal, SKM, MARS diwakili Asisten 1 Yusrizal, S.Sos., M.Si., Ketua DPRD Dumai Supriyanto, Ketua PN, Kajari, Danlanal, Dandim 0320/Dumai, BPN, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, LSM LPPNRI, FP2MR dan pihak Jurnalis (wartawan) PWI.

Sebelumnya, semua pihak yang di undang, telah menerima file Docx lewat Pesan Whats App, berupa kisi-kisi questioner dari Polres Dumai. Ada berbagai pertanyaan yang harus di jawab para peserta. Pertanyaan dan jawaban menyesuaikan kriteria pihak yang di undang dan lembar jawaban di bawa saat giat di gedung aula Citra Waspada.

Fokus pertanyaan terbagi dalam dua bahasan, pertama terkait sinergitas Polres dengan para pihak yang menjadi tamu undangan, serta pandangan dalam melihat penanganan konflik lahan yang terjadi di Kota Dumai.

Saat giat di Citra Waspada, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto sampaikan beberapa hal dalam sambutannya.

“Selamat datang peserta didik Pokjar IV,” ucap Nurhadi Ismanto.

Kepada peserta didik, kapolres kemudian paparkan profil dan nilai plus Dumai serta potensi, kerawanan dan bagaimana cara Polres bertindak agar stabilitas keamanan terjaga.

Selanjutnya, Ketua Tim PKP Kombes Pol Mansyur, SIK., dalam sambutannya, haturkan ucapan terimakasih kepada Kapolres dan PJU yang telah bersedia menerima kehadiran PKP.

“Terimakasih kepada Kapolres dan PJU,” ucap Mansyur. Kombes Mansyur kemudian bacakan kata sambutan Kasespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, M.Si.

Dalam sambutan tertulisnya, Herry Rudolf Nahak berkata, bahwa PKP Sespimmen Sespim Lemdiklat Pokjar IV gunakan rumusan topik “Pemantapan Kebijakan Forkopimda Kabupaten/Kota untuk Mendukung Pengembangan Wilayah dalam Rangka Mempercepat Transformasi Ekonomi”.

PKP juga di laksanakan serentak di 6 Polda se-Indonesia, meliputi Sumsel, Sumut, Kepri, Riau, Kalsel dan Kaltim.

“Di ikuti 225 peserta didik. Terdiri dari 193 unsur Polri, 30 serdik TNI dan 2 serdik mancanegara,” ucap Mansyur.

Lagi kata Mansyur, lewat PKP, di harapkan serdik mampu mengaplikasikan kompetensi mengelola organisasi polri dengan keterampilan; pertama, memiliki ketrampilan menyusun konsepsi ilmiah hasil kajian ilmu dan teknologi kepolisian, berdasarkan kaidah tata cara dan etika karya ilmiah.

Kedua, memiliki keterampilan manajemen course III. Ketiga, memiliki ketrampilan lakukan validasi hasil kajian bidang ilmu dan teknologi kepolisian dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat.

Keempat, memiliki ketrampilan merumuskan ide, pemikiran dan argumentasi saintifikasi secara bertanggung jawab serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat.

Kelima, memiliki ketrampilan menganalisis dan menanggulangi permasalahan kebangsaan berkaitan dengan penguatan kesadaran atas kebhinekaan.

Keenam, memiliki ketrampilan mengelola krisis dan kondisi darurat yang berimplikasi pada keamanan dan ketertiban.

Laporan Ihwan Lubis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.