Beranda Nasional Ada STB TV Digital Gratis Dari Kominfo, Ini Syaratnya

Ada STB TV Digital Gratis Dari Kominfo, Ini Syaratnya

108
BERBAGI
STB TV Digital

Teleskopnews.com – Siaran televisi di Indonesia akan beralih menggunakan STB TV Digital.Kementerian Kominfo sedang sosialisasi peralihan itu.

Program Analog Switch Off (ASO) segera akan di lakukan mulai April mendatang. Pemerintah juga segera melakukan distribusi set-top-box gratis tv digital bagi masyarakat miskin.

Kementerian Kominfo menjelaskan mekanisme pemberian STB TV Digital gratis yang juga akan di lakukan pemasangan pada perangkat TV.

Rencananya pembagian akan di lakukan dengan skema door-to-door. Pemberian STB tahap pertama berlangsung mulai 15 Maret hingga 30 April 2022 mendatang.

Menurut Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail, pendistribusian di lakukan dengan pihak ketiga logistik. Selain distribusi, mereka juga sekaligus melakukan validasi.

Mengapa kita tidak melakukan validasi dulu baru distribusi? Kalau melakukan validasi dulu kemudian distribusi akan dua kali costnya.

Kominfo merencanakan set top box langsung di bawa, langsung di validasi. Nama penerima STB TV Digital gratis juga sudah berada di tangan pihak logistik.

Petugas akan melakukan serah terima STB bisa dalam dua bentuk yakni surat atau elektronik.

Petugas akan serah terima dalam dua bentuk surat atau kertas di tandatangani bersama atau dalam bentuk elektronik.

Ini di sampaikan melakukan pemindaian QR Code dan berita acara serah terima. Masalah administrasi juga harus terjaga untuk pertanggungjawaban.

Sebagai informasi, STB adalah perangkat tambahan untuk TV analog agar bisa menerima siaran TV digital.