Beranda Riau Dumai Usai Pengukuhan, KBRC Siap Merangkul Warga Chaniago Dumai

Usai Pengukuhan, KBRC Siap Merangkul Warga Chaniago Dumai

47
BERBAGI
Saat Ketua DPW KBRC Provinsi Riau, Buyung Achmad Chaniago menyerahkan bendera petaka secara simbolis pada pengukuhan Ketua DPD di Provinsi Riau.(Sorotlensa)

SOROTLENSA, DUMAI – Usai mengikuti proses pengukuhan kepengurusan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Keluarga Besar Rang Chaniago (KBRC) Kota Dumai siap merangkul seluruh masyarakat Minangkabau yang bersuku Chaniago di Kota Dumai.

Kepada Sorotlensa.com, Ketua DPD KBRC Kota Dumai, Sutan Afrizal Chaniago melalui sekretarisnya, Dedi Rianto Chaniago, mengaku tengah melakukan musyawarah konsolidasi dalam rangka pemantapan struktur organisasi di tingkat DPD, Senin (6/8/2018) malam lalu.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KBRC, Mamak Edi Riondo Raja Baso mengukuhkan ketua kepengurusan di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) KBRC Provinsi Riau, Buyung Achmad Chaniago dan beberapa ketua di tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KBRC kabupaten dan kota diantaranya Kabupaten Siak,  Ali Darman, Kota Pekanbaru,  Fauzan dan Dumai, Sutan Afrizal Chaniago pada Minggu, 5 Agustus 2018 lalu di Pekanbaru periode 2018-2023 yang dibacakan melalui surat keputusan (SK) oleh Sekretaris DPP KBRC, Zulkifli Chaniago. 

Penunjukkannya sendiri dari beberapa bulan lalu oleh Ketua DPP KBRC, sehingga pengukuhannya dipercepat sesegera mungkin, dan ini pertama kali dilaksanakan bagi warga Chaniago di Riau, meskipun KBRC sendiri sudah lama terbentuk bahkan sudah tersebar tidak hanya di seluruh nusantara saja melainkan hingga  mancanegara.

Makanya untuk struktur organisasi kepengurusan, dipercayakan sepenuhnya oleh masing-masing daerah.

“Ketua langsung diberi mandat oleh DPP, bukan melalui pemilihan suara maupun aklamasi. Untuk itulah kita laksanakan kegiatan ini supaya terbentuknya bagan struktur organisasinya,”tutur dia yang kala itu didampingi Kepala Sekretariat Umum DPD KBRC Dumai, Anwar Chaniago di sela-sela musyawarah. 

Ketua DPD KBRC Kota Dumai, Sutan Afrizal Chaniago foto bersama dengan Ninik Mamak Suku Chaniago Dumai, Annasril Chaniago.(Sorotlensa)

Menurutnya, selain rapat konsolidasi, pihaknya juga akan melakukan job description atau tugas pokok dari masing-masing pengurus dan anggota.

“Disusul dengan kegiatan internal seperti job training atau pelatihan yang mengacu pada program strategis KBRC Dumai,”papar Dedi gamblang.

Tentunya konsolidasi ini sangat penting, guna membangun kekuatan dan kepolosan di tubuh organisasi.

“Demi mewujudkan hal itu, perlu adanya koordinasi antar pengurus yang intensif dan sehat dari seluruh perangkat  ketika beraktifitas, agar KBRC nampak sebagai satu kesatuan kerja organisasi yang terkoordinir dengan baik,”imbuh dari lelaki yang juga berprofesi sebagai abdi negara ini, sembari menyatakan akan segera melakukan pendataan rang Chaniago di Kota Dumai ini.

Penulis : Arif