Beranda Bisnis Ampiang Puluik Crispy, Olahan Dari Bahan Kekayaan Lokal

Ampiang Puluik Crispy, Olahan Dari Bahan Kekayaan Lokal

167
BERBAGI

http://Teleskopnews.com – Tradisi mengampiang sudah lama di lakukan oleh masyarakat Batipuah Baruah secara turun menurun.

Mengampiang merupakan cara masyarakat mengeloh padi pulut yang awalnya berbentuk bulir berubah bentuk menjadi pipih. Dengan cara digonseng dalam tarenang diatas kayu api kemudian di tumbuk-tumbuk dengan alu.

Selama ini dipasaran, amping pulut dapat ditemukan sebagai campuran es cendol, dadih, dan kelapa.

Namun seiring berjalannya waktu, kreatifitas masyarakat menemukan inovasi baru dalam pengolahan amping pulut, yakni menjadi bahan baku pembuatan kue kering.

Secara tidak langsung, kue kering berbahan baku amping pulut berpotensi besar menjadi cemilan khas Batipuah, sebab segmentasi pasarnya yang luas serta saingan produk yang belum ada.

Disampaikan oleh Wakil Gubenur Sumatera Barat, Ir. Audy Joinaldy beberapa hari lalu di ruang kerjanya. Pengolahan turunan amping pulut menjadi keu kering adalah hal yang patut di apresiasi, selain rasanya yang dapat bersaing dipasaran, bahan bakunya pula memanfaatakan kekayaan lokal.

“Ampiang Puluik Crispy adalah produk asli Daerah Batipuah yang patut di apresiasi. Rasanya hampir setara dengan produk dari brand-brand terkenal seperti beng-beng dan roka” kata Audy Joinaldy.

“Semoga dalam proses produksinya, bisa membuka lapangan pekerjaan yang luas, serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dan paling penting, tradisi mengampiang tetap terjaga kelestariannya” tambahnya mengakhiri

Senada dengan hal tersebut, H. Rony Mulyadi, S.E Datuak Bungsu selaku Ketua DPRD Tanah Datar, juga mengapresiasi dan mensupport penuh pengembangan pengolahan amping pulut di daerah wilayah kerjanya.

“Saya mengapresiasi adanya masyarakat Batipuah Baruah yang berinovasi terhadap pengolahan turunan amping pulut. Mengingat sudah sangat lama keberadaannya, inilah saatnya amping pulut tidak lagi hanya sebatas bahan campuran, melainkan menjadi bahan utama dalam satu jenis produk makanan” kata Rony Mulyadi.

Selanjutnya bagi yang penasaran dengan rasa Ampiang Puluik Crispy, dan ingin menjadikannya sebagai target cemilan anda selanjutnya. Silakan hubungi Customer Service di nomor 081360481305 atau melaui akun media sosial Instagram @ampiangcrispybatipuh_official atau fanpage Facebook “Ampiang Puluik Crispy”