Bitcoin vs Altcoin? Ini Keunggulan Investasi Bitcoin

Bitcoin vs Altcoin? Ini Keunggulan Investasi Bitcoin

Teleskopnews.com – Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang Bitcoin. Bentuk mata uang digital ini terus naik pamor dan nilai tukarnya. Investasi Bitcoin pun jadi memiliki prospek yang menarik, apalagi di tengah perkembangan teknologi di era digital.

Ternyata, mata uang kripto sebenarnya tidak hanya Bitcoin. Ada banyak currency kripto lainnya dengan keunikan mereka masing-masing. Apa sih keunggulan Bitcoin dibandingkan aset kripto lainnya? Simak selengkapnya di sini.

Sekilas Tentang Bitcoin dan Altcoin

Meski memiliki berbagai nama, Bitcoin dan mata uang kripto lainnya memiliki prinsip yang kurang lebih serupa. Yaitu berbasis digital dan tidak tersentralisasi dengan bank mana pun. Kripto menggunakan teknologi blockchain untuk mengatur dan mendata keluar masuknya transaksi.

Investasi selain Bitcoin dalam kripto dikenal sebagai altcoin. Tujuan pembuatannya memang sebagai alternatif dan pelengkap untuk fungsi-fungsi yang tidak dimiliki Bitcoin. Namun kerangka yang digunakan masih berdasarkan Bitcoin. Altcoin yang terkenal contohnya Ethereum, Dogecoin, dan Litecoin.

Kelebihan Bitcoin Dibanding Kripto Lainnya

Setiap aset kripto memiliki potensi ekonomis untuk investasi. Meski demikian, Bitcoin pun masih memiliki beberapa keunggulan. Sebelum memilih kripto mana yang akan Anda gunakan untuk investasi, ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan bitcoin.

1. Kemudahan Akses

Keunggulan pertama yaitu mudahnya akses Bitcoin dibandingkan macam-macam altcoin. Bitcoin telah berdiri selama 8 tahun dan sangat populer daripada altcoin yang baru dikembangkan.

Kripto ini lebih mainstream dan telah banyak dipakai di berbagai platform. Aset dan jangkauan pasarnya pun jauh lebih besar.

2. Aman

Selain itu, Bitcoin sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan. Ini sebabnya, Bitcoin lebih terjamin dari serangan yang dapat mengganggu sistem transaksinya.

Nilai tukar Bitcoin juga cenderung stabil dan tidak volatil. Ini menyebabkannya tahan dari ancaman goncangan ekonomi. Sedangkan pada altcoin, naik dan turunnya harga bisa sangat drastis dan anjlok secara mendadak.

3. Jumlah Terbatas

Bitcoin memiliki jumlah yang tetap dan terbatas. Sedangkan beberapa altcoin seperti Ethereum dapat bertambah terus jumlahnya. Dengan semakin meningkatnya permintaan terhadap Bitcoin, harga dan potensi investasinya akan terus naik. Karena itulah Bitcoin cocok untuk investasi crypto jangka panjang.

4. Fitur Terus Berkembang

Yang terakhir, yaitu kemungkinan bertambahnya utilitas. Kekurangan Bitcoin saat ini adalah fitur-fiturnya yang terbatas dibandingkan altcoin.

Namun bukan tidak mungkin di masa mendatang Bitcoin akan mengadaptasi fitur-fitur niche dari altcoin. Apalagi, Bitcoin sendiri terus mengalami perkembangan seiring waktu.

Itulah beberapa keunggulan Bitcoin dari mata uang kripto lainnya. Karena prospeknya yang besar, kini kripto menjadi pilihan investasi favorit bagi banyak orang. Terlebih karena investasi bitcoin adalah masa depan investasi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.