Beranda Bisnis Terkait Depo Container, Edi Sepen : Sektor Pelabuhan Harus Jadi Primadona Sumber...

Terkait Depo Container, Edi Sepen : Sektor Pelabuhan Harus Jadi Primadona Sumber PAD Dumai

161
BERBAGI

DUMAI – Pembangunan Depo Container yang dicanagkan oleh Pemerintah Kota Dumai melelui kerjasama PT. Pelabuhan Dumai Berseri (PDB) dan PT. Pembangunan Dumai (PD) dengan PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai diyakini banyak pihak akan berdampak positif bagi perekonomian Masyarakat melalui serapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Dumai.

Tidak itu saja beberapa peluang para pelaku usaha nantinya diperkirakan akan tersaji dari berbagai sektor dalam aktifitas kepelabuhanan tersebut.

Dari mulai masyarakat, hingga politisi memberikan perhatian terhadap rencana pembangunan depo ini. Salah satunya dari Edi Sepen sang politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengajak masyarakat untuk tidak melewatkan peluang ini.

” Banyak peluang nantinya di sana (depo container) jadi tidak boleh dilewatkan,” ucap Edi

Tidak hanya depo, Edi menilai banyak peluang lainnya yang bisa digali dari sektor laut, karena menurut nya Pelindo adalah mitra strategis BUMD. Terlebih TOL Permai yang telah dibuka memudahkan akses keluar masuk trnasportasi darat.

“Selain depo kontener sebenarnya masih ada beberapa jenis kegiatan yg bisa dikerjakan bermitra dengan pelindo, namun nanti akan kita bahas dalam kesempatan yg lain,” tutur Edi

” peluang kerjasama yang saya maksud adalah tanki timbun dan shipping. Data 2017 ada 10 jt ton CPO yang loading di pelabuhan Dumai, 60 persenya via laut. Ini yg saya maksud Pemko punya peluang untuk mengambil bagian dari bisnis transporter CPO,” lanjutnya

” Pelindo selaku operator pelabuhan harus menjadi mitra strategis. Banyak kerjasama yang bisa dilakukan dgn BUMN ini terlebih setelah dibukanya akses Tol Permai maka aktifitas pelabuhan tentu makin meningkat tajam,” tambahnya lagi.

Sebagai salah satu calon Walikota dipilkada tahun ini, sudah tentu meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kota minyak ini menjadi misi utama Edi. Maju berpasangan dengan Zainal Abidin, menurut Edi Pemerintah Dumai harus menjadikan sektor kelautan yang ada sebagai primadona PAD bahkan perlu membentuk beberapa BUMD lagi, demi memaksimalkan penyerapan PAD tersebut.

” Sektor pelabuhan harus menjadi primadona sumber PAD kota Dumai. Kalau menurut saya masih memungkinkan mendirikan beberapa BUMD lagi juga bagus disamping meningkatkan kinerja BUMD yang sudah ada, hal ini untuk membangun semangat kompetitf diantara perusahaan pemko yg ada,” pungkas Edi menutup sembari berharap peningkatan kerjasama ini akan terus ada